Kamis, 01 November 2012

LAPORAN MAC ADDRESS



Danaswara Prawira Harja

Jum’at, 2 – 11 – 2012
XI – TKJ – B
 LAPORAN MAC ADDRESS

SMKN 1 CIMAHI




I.                   TUJUAN
Pada praktik kali ini kita diharuskan untuk mengetahui dan mengerti tentang apa itu MAC address dan apa fungsi serta implementasinya dari MAC address itu tersendiri.

II.                 PENDAHULUAN
MAC (Medium Access Control) Address atau Physical Address adalah setara dengan nomor seri Kartu Jaringan (Network  Interface Card/NIC). Setiap alamat MAC adalah unik yang panjangnya terdiri dari 48 bit. 24 bit pertama dari MAC Address merepresentasikan vendor pembuat kartu tersebut  dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut.  Pada lapisan OSI (Open System Interconnection) MAC Address menempati lapisan Data Link Layer (layer kedua setelah Physical Layer).

Pengertian MAC Address adalah sama dengan alamat IP perangkat yang juga menjamin setiap perangkat adalah unik dan memungkinkan data melewati perangkat keras. Alamat IP memungkinkan dua perangkat untuk berkomunikasi di lingkungan LAN atau jaringan, biasanya alamat IP juga harus unik dan akan memungkinkan pertukaran data.

MAC Address digunakan untuk memastikan bahwa setiap perangkat yang terhubung ke LAN atau jaringan lainnya adalah unik. Dengan kemajuan terbaru dalam teknologi jaringan nirkabel, MAC Address dari kartu nirkabel dapat dimasukkan ke dalam halaman konfigurasi router jaringan nirkabel. Dari sana router dapat mengizinkan atau menolak perangkat untuk menghubungkan diri berdasarkan MAC Address-nya. Hal ini dapat memberikan keamanan tambahan untuk jaringan.



III.    ISI LAPORAN
 
1.    Format MAC address ke Biner


        MAC address yang dimiliki laptop saya adalah: F4-6D-04-F3-35-FC. Jika saya ubah  kedalam biner akan menjadi 11110100-01101101-00000100-11110011-00110101-11111100


2.    Kode MAC address dengan vendor :

 

   3.  Perintah melihat MAC address

                                                    Di windows
     
                                                                      (Gambar 1.1)


 
                                                      (Gambar 1.2)

                                 
                                     
                    Di Ubuntu
                    1. Ifconfig –a ataupun ifconfig

                    Di Machintosh
                    1.Ifconfig


IV.    KESIMPULAN
Jadi, pada praktik kali ini kita mengenal akan adanya MAC address pada suatu jaringan, dimana MAC address tersebut berfungsi untuk memberikan identitas setiap perangkat agar berbeda pada suatu jaringan computer.



 



 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Following